Cari Blog Ini

Selasa, 10 Januari 2012

Makalah Antropologi


BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang

Manusia adalah mahkluk Tuhan yang paling sempurna. Manusia juga merupakan mahkluk Sosial yang hidupnya saling membutuhkan satu sama lain. Setiap penduduk yang mendiami suatu wilayah pasti memiliki ke unikannya masing-masing mulai dari suku, adat, kebiasaan serta aturan yang berlaku serta berbeda dengan  masyarakat lainnya.
Indonesia sebagai Negara kepulauan yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika adalah Negara unik yang memiliki keanekaragaman suku dan Budaya yang berbeda tetapi tetap bersatu di tengah-tengah perbedaan tersebut.
Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk manusia mulai dari fisik, tingkah laku,kebiasaan,bahasa, budaya serta susunan masyarakat , ternyata telah memberikan kita sebuah pengetahuan tentang perkembangan zaman dan fenomena kehidupan budaya dan masyarakat dari waktu ke waktu sehingga tentunya kita tidak akan pernah lupa akan sebuah perjalanan manusia dari masa lampau hingga sekarang ini.



B.    Tujuan
·        Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Ilmu social dan Budaya Dasar tingkat I semester II
·        Untuk dapat memahami arti antropologi serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

C.    Rumusan Masalah
·         Pengertian Antropologi
·         Perkembangan Ilmu Antropologi
·         Cabang-cabang Ilmu Antropologi
·         Kegunaan Ilmu Antropologi


D.    Pembatasan Masalah

Dalam pembuatan makalah ini kami membatasi masalah yang dikaji adalah hanya sebatas tentang Ruang Lingkup Antropologi serta kegunaan ilmu antropogi dalam masyarakat di kehidupan sehari hari.















BAB II
ISI


A.Pengertian Antropologi

Antropologi berasal dari bahasa yunani yaitu Antropos(manusia),dan logos(ilmu atau studi).secara etimologis antropologi adalah ilmu atau studi tentang manusia baik secara biologis maupun makhluk sosial.selain pengertian diatas dibawah ini akan dijelaskan pengertian antropologi menurut para ahli,diantaranya adalah:
a.       Haviland(1985)
Antropologi adalah studi tentang manusia dan perilakunya dan melaluinya diperoleh pengertian lengkap tentang keanekaragaman manusia
b.      .Kamus Antropologi Ariyono Suyono(1985)
Antropologi diartikan sebagai suatu ilmu yang berusaha mencapai pengertian tentang makhluk manusia dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik, kepribadian, masyarakat dan kebudayaanya
c.       Koentjaraningrat(1990)
Antropologi memperhatikan lima masalah mengenai makhluk manusia yaitu :
1.masalah perkembangan manusia sebagai makhluk biologis.
2.masalah sejarah terjadinya aneka warna manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya.
3.masalah sejarah asal, perkembangan serta penyebaran berbagai macam bahasa di seluruh dunia.
4.masalah persebaran dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia.
5.masalah dasar-dasar dan aneka warna kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-masyarakat dan suku-suku bangsa yang tersebar di seluruh bumi pada zaman sekarang ini.

B.Sejarah Perkembangan Ilmu Antropologi

Ilmu antropologi muncul pertamakali pada pertengahan abad 19 sebagai disiplin ilmu .
Koentjaraningrat membagi perkembangan antropologi dalam 4 fase yaitu:
1.fase pertama(sebelum tahun 1800)
Awal perkembangan ilmu antropologi terjadi ketika orang-orang Eropa Barat mulai menjelajah ke berbagai benua, kemudian mereka mulai mengumpulkan  kisah perjalanan, laporan dan semacamnya yang merupakan tulisan para musafir, pelaut, pendeta penyiar agama Nasrani, penerjemah kitab Injil dan pegawai pemerintah jajahan. Himpunan tersebut mulai menarik perhatian orang Eropa karena perbedaaan yang menarik dari berbagai suku bangsa yang ada.Himpunan tersebut berisi diskripsi tentang bangsa-bangsa yang bersifat kabur, tidak teliti dan biasanya hanya memperhatikan hal-hal yang menurut orang Eropa aneh dan menarik untuk ditulis.
2.fase kedua (pertengahan abad ke-19)
Upaya untuk mengintegrasikan bahan etnografi,penelitian etnografi berkembang menjadi ilmu antropologi,etnografi mulai dibuat karangan ilmiah dg pendekatan evolusi manusia.orang eropa berasumsi bahwa keanekaragaman adat suku bangsa dipengaruhi oleh perkembangan kebudayaan manusia.dalam fase ini antropologi masih bersifat ilmu akademis artinya disiplin ilmu yg hanya dipelajari oleh golongan sarjana.
3 .fase ketiga (permulaan abad ke-20)
Antropologi mulai menjadi ilmu praktis,bertujuan mempelajari masyarakat dan kebudayaan bangsa diluar eropa untuk kepentingan pemerintah kolonial
4.fase keempat (sesudah tahun 1930)
Antropologi berkembang ditandai dengan dua peristiwa besar yaitu:musnahnya bangsa-bangsa primitif(bangsa-bangsa jajahan pd perang dunia ke-2) dan diadakanya simposium internasional antropologi.



C.Cabang-cabang Ilmu Antropologi

Adapun cabang-cabang dari ilmu antropologi yaitu:
1.Antropologi fisik
Antropologi fisik atau ragawi adalah bagian dari antropologi yg mencoba mencapai suatu pengertian tentang sejarah terjadinya aneka warna pada manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya.
Antropologi fisik dibagi menjadi dua cabang ilmu yaitu:
a.Paleoantropologi
Paleoantropologi (ilmu tentang asal usul dan evolusi manusia)
b.Somatologi (ilmu yang membahas ciri-ciri tubuh seperti warna kulit)

2.Antropologi Budaya
Antropologi Budaya adalah bagian dari antropologi yang mempelajari segi-segi kebudayaan manusia. Antropologi budaya dibagi menjadi dua cabang ilmu yaitu:
a.Arkeologi
b.Linguistik
c.Antropologi sosial

D.Kegunaan Ilmu Antropologi

Adapun kegunaan dari ilmu antropologi adalah:
1.meneliti tentang keanekaragaman masyarakat
2.dasar untuk mengambil kebijakan dalam memecahkan masalah sosial dimasyarakat
3.dapat digunakan dalam merencanakan pembangunan sosial
4.menganalisis masyarakat dan kebudayaan bangsa-bangsa yg terjajah
5.sebagai metode yg halus untuk mempelajari watak,kebiasaan,dan kebudayaan masyarakat
6.dan sebagainya.

BAB III

PENUTUP



A.KESIMPULAN

Dari pembahasan dalam bab isi penyusun dapat menarik kesimpulan tentang antropologi.antropologi adalah ilmu yg mempelajari tentang manusia baik sebagai makhluk biologis ataupun sosial.dalam menentukan definisi antropologi banyak para ahli yg mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian antropologi diantaranya koentjaraningrat,keesing,haviland,suyono dan masihbanyak lagi.definisi setiap para ahli pun berbeda satu dengan lainya.ilmu antropologi muncul pertamakali pada pertengahan abad ke-19.dalam perkembangan ilmu antropologi,koentjaraningrat membaginya dalam empat fase.keempat fase tersebut telah dijelaskan dalam bab isi.cabang-cabang ilmu antropologi dibagi menjadi dua yaitu,antropologi fisik dan antropologi budaya.antropologi fisik dibagi lagi menjadi dua yaitu,paleoantropologi dan somatologi.antropologi budaya dibagi menjadi tiga yaitu arkeologi,linguistik,dan antropologi sosial.

B.SARAN-SARAN

Dengan ditulisnya makalah ini penyusun berharap pembaca dapat mengetahui apa itu antropologi,cabang-cabang antropologi,dan lain-lain.kemudian makalah ini juga diharapkan dapat bermanfaat pula bagi penyusun.




DAFTAR PUSTAKA



1.wikipedia.com
2.ninit yualinita’s weblog
3.buku sosial dan budaya
4.Benedict,Ruth,patterns of culture.Boston:Houghtonmifflin co,1980
5.Antropology,new york,harper and row publisher,1988





Tidak ada komentar:

Posting Komentar